diposkan pada : 04-03-2024 17:17:47

Haji  Furoda atau Haji Mujamalah merupakan haji yang visanya diperoleh melalui undangan khusus dari Pemerintah Arab Saudi. Haji Furoda ini bisa dikategorikan haji plus non quota.yang pada umumnya dikelola oleh pihak swasta yang dalam hal ini adalah perusahaan travel sepertinya mislanya Khazzanah Tours

 

Dalam situs accone disebutkan bahwa meski tidak termasuk dalam kuota haji yang dijatahkan Pemerintah Indonesia, jalur haji furoda ini termasuk resmi dan legal, serta telah diatur Undang-Undang No. 8 Tahun 2019 terkait Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Calon jemaah haji yang mendapat undangan visa furoda wajib berangkat dengan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang diharuskan melapor ke Menteri Agama.

 

Sebelum pada cara daftar haji furoda,  perlu diketahui dulu perbedaan antara haji regulerm haji plus quota kemenag dan haji furoda.

 

Perbedaan Haji Reguler, Haji Plus Quota Kemenag dan Haji Furoda.

 

1. Waktu Keberangkatan

        Untuk keberangkatan haji regular memerlukan waktu yang cukup panjang/lama, rata-rata 15 sampai dengan 20 tahunan, bahkan ada yang sampai 30 dan 40 tahun di daerah tertentu. Sedangkan haji plus quota masa tunggu keberangkatannya tidak terlalu lama, hanya berkisar 5 sampai dengan 7 tahun. Dan haji furoda pada tahun ini mendaftar dan tahun ini juga berangkat, sehingga hari furoda disebut juga haji tanpa antri atau haji langsung berangkat.

 

2. Visa yang digunakan

        Dari sisi visa yang digunakan, haji furoda menggunakan visa haji mujamalah yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi. Sedangkan haji regular dan haji plus quota menggunakan visa yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI.

 

3. Biaya dan Fasilitas

        Biaya haji furoda saat ini tahun 2024 berkisar $ 22.900 atau sekitar Rp 355.000.000,- (ini yang berlaku di travel Khazzanah tours). Sedang haji plus quota pada tahun ini sebesar $ 11.900 atau sekitar  Rp 178.000.000,-. Dan untuk haji regular di kisaran rata-rata Rp 56.000.000, - (tergantung tempat embarkasyi keberangkatannya).

      Fasilitas yang didapat pada haji furoda tentunya lebih nyaman dan mewah daripada hari regular dan haji plus quota.

 

Cara Mendaftar Haji Furoda

 

Untuk bisa mendaftar haji furoda maka hal yang pertama dilakukan adalah mengisi formulir yang disediakan perusahaan travel. Data yang diisikan dalam formulir harus sesuai dengan identitas diri baik yang ada di KTP maupun Pasport. Nama yang ada di passport minimal 3 (tiga) suku kata.

Setelah itu dapat melakukan pembayaran DP. Tapi jangan lupa saat pembayaran DP harus juga menandatangani MoU (Penjanjian) khususnya berkenaan dengan pengembalian uang (refund) apabila visa tidak keluar.

Adapun dokumen yang perlu diserahkan kepada pihak travel antara lain:

1. Foto Copy KTP

2. Foto Copy Kartu Keluarga

3. Pasport

4. Foto Copy Buku Nikah

5. Pas Foto berwarna 4 x 6 ( 10 lembar) close up berlatar putih (wanita berjilbab)

6. Kartu Kuning (bukti suntik meningitis)

 

Selanjutnya pihak travel yang akan mengurus proses perolehan visa dan lain sebagainya. Pihak travel berkewajiban untuk memberikan bimbingan teknis pemberangkatan dan tata cara ibadah haji dan kegiatan selama di tanah suci.

 

Kelebihan dan Kekurangan Program Haji Furoda

  1. Kelebihannya
  1. Tanpa Antri

Artinya program haji furoda tidak menunggu antrian dengan pendaftar laiinya. Masa tunggunya relative cepat, hanya hitungan bulan. Tahun itu daftar maka tahun itu juga bisa berangkat.

  1. Fasilitas Yang Lebih Mumpuni

Fasilitas haji Furoda lebih baik dari haji reguler, namun tidak jauh berbeda bila dibanding dengan paket haji plus. Jamaah bisa meng-upgrade fasilitas, akomodasi (hotel atau tenda di Armina, kelas pesawat), penginapan dan lainnya, namun hal ini tergantung dari travel haji-nya (sumber :  accone)

  1. Nama Jamaah Tercatat Resmi

Jamaah haji yang menggunakan visa Furoda juga terdaftar dan tercatat secara resmi. Bisa dicek pada aplikasi e-hajj secara online. Meski pelaksanaannya dilakukan oleh travel, pihak Kemenag tetap mengawasi (sumber: accone)

  1. Pemeriksaan Yang Lebih Mudah

Pemilik visa Furoda akan lebih mudah ketika melalui pemeriksaan di bagian imigrasi maupun di pos pemeriksaan saat memasuki kota Mekkah (sumber :accone)

  1. Waktu yang fleksibel

Durasi haji selama di Arab Saudi bisa disesuaikan, atau tergantung paket haji yang diberikan oleh travel yang bersangkutan

 

  1. Kekurangannya

Mengutip dari situs accone, ada beberapa kekurangan/kelemahan paket haji furoda, antara lain:

  1. Biaya Yang Mahal

Biaya jauh lebih mahal dibandingkan biaya haji reguler/ONH Plus yang dikoordinir oleh Kementrian Agama RI

  1. Proses Visa Yang Lama

Persetujuan diterima atau tidaknya visa untuk Haji Furoda diberitahukan hanya  dalam waktu beberapa minggu sebelum keberangkatan. Artinya informasi ini akan diperoleh cukup mendadak dan secara otomatis pelunasan untuk sisa pembayaran juga  mendadak

  1. Waktu Keberangkatan Tidak Pasti

Jamaah haji ada kemungkinan untuk tidak berangkat di tahun tersebut, namun jamaah tidak perlu khawatir dengan pengembalian biaya yang sudah dibayarkan pada pihak travel.

Paket Umroh Promo Plus Turki Agustus Di Pondokgede

Posting by Admin

Paket Umroh Promo Plus Turki Agustus Di Pondokgede CARA MENDAFTAR HAJI FURODAPenawaran Terbatas! Dapatkan Program Umrah Bln Agustus yang Mengagumkan!  Apa Anda Menyimpan kerinduan akan pengalaman rohani yg tak terlupakan? Berkeinginan menjalankan ibadah Umrah di bulan Bln Agustus? Jangan Kehilangan Kesempatan Ini! kami Khazzanahtours hadir tuk menjawab kebutuhan perjalanan spiritual Anda dengan menawarkan



1 Kali